Jumat, 07 November 2014

PENGALAMAN

saya yang bernama syarifuddin ingin menceritakan sedikit tentang pengalaman saya di dunia kerja, dulu sewaktu saya masi duduk dibangku kelas 2 SMK saya sudah nyusun planning saya setelah saya tamat dari SMK TELKOM SANDHY PUTRA MEDAN, saya ingin setelah tamat saya bekerja dulu setahun lalu saya melanjutkan kuliah dengan biaya sendiri.

Setelah saya kelas 3 SMK disitu banyak teman-teman saya yang sibuk ngurusin ikut test –test ujian tertulis untuk masuk di kampus-kampus favorit merekadi kampus  swasta maupun negeri. Tetapi saya santai-santai saja tidak memikirkan itu karena saya sudah tekatkan kalo saya ingin bekerja setelah tamat, karena saya rasa sudah cukup banyak biaya yang dikeluarkan orang tua saya untuk menyekolahkan saya di SMK TELKOM SANDHY PUTRA MEDAN, dari semua kakak dan adek saya, saya la paling mahal biaya sekolahnya, dan beberapa bulan kemudian saat-saat pengurusan untuk mengikuti ujian SNMPTN banyak yang menanyakan saya  “kau gk ikun SNMPTN den?” dan aku menjawab dengan yakin “tidak, aku mau kerja dulu tahun tepan baru kuliah”. Setiap teman-teman saya yang bertanya saya selalu menjawab dengan jawapan yang sama, dan tiba2 beberapa hari kemudian ayah saya menanyakan hal itu ke saya, dan saya menjawab sama seperti saya jawab kepada teman saya, dan ayah saya sedikit marah dengan menjawab “mau kerja apa tamatan sma?” baru saya diam saja dan menjawab dalam hati “saya akan membuktikannya nanti anak tamatan SMK bisa dapat kerja atau tidak”.

Setelah UN selesai saya menari tau informasi-informasi tentang dunia kerja kepada teman-teman saya dan guru-guru SMK TELKOM, kalo gk salah 2 minggu setelah UN itu belum ada pengumuman lulus atau tidak lulus, saya mendapatkan informasi tentang lowongan kerja di PT LEXCORP INDONESIA, saya mendaftarkan diri dengan pak yusuf di SMK TELKOm, dari data yang ada yang mengikuti test selama 1 minggu ada 40 orang murid, dan yang di ambil hanyalah 4 orang saja, Alhamdulillah saya masuk kedalam 4 itu, saya menandatangani kontrak seminggu sebelum pengumuman lulus, dan saya langsung mengabarin orang tua saya dengan bangga saya mendapatkan kerjaan tersebut. Kesenangan itu semakin lengkap dengan mendapatkan kabar LULUS dan saya merasakan hari itu sangat berarti bagi saya. pada saat wisuda SMK TELKOM SANDHY PUTRA MEDAN di hari bersamaan saya dan 3 orang teman saya dapat panggilan rapat menentukan posisi kerja di mana dan menangani prusahaan apa, jadi dihari itu juga kami sibuk ngatur waktunya karena wisuda tidak dapat ditinggalkan rapat tersebut juga tidak dapat ditinggalkan, pada akhirnya saya pergi setelah acara resmi selesai saya langsung pergi ke gedung BANK MEGA yang dekat dengan kantor XL, hasil rapat tersebut saya dapat penempatan di wilayah Rantau Prapat dan sekitarnya, dan kami menangani PT.HUAWEI SERVICES yang menangani XL, saya mendapatkan jabatan sebagai DT(Driveter Enginer).

Setelah beberapa hari saya segera berangkat ke rantau prapat, sampai disana saya belum tau tempat makan dan tidak aada mengenal siapapun disana, saya dibantu teman ayah saya untuk mencari kos hari itu juga, setelah dapat tempat kos, malamnya saya ingin makan malam, tetapi saya gk tau mau kemana saya gk tau jalan-jalan di daerah rantau prapat, saya jalan kaki mencari rumah makan jadi saya membeli telur bulat saja tanpa nasi 2 buah harganya 15.000, saya sangat tekejut saat itu, saya berfikir mungkin karena saya orang perantauan. Karena peerjaan saya mengeliligi kota Rantau Prapat untuk melihat kualitas sinyal XL, disitu saya sambil menghapal jalan-jalan di Rantau prapat, setelah jalan beberapa bulan saya bergabung dengan organisasi PMI, disana saya mendapat lebih banyak teman lagi, sehingga apabila saya tidak bekerja saya pergi ke PMI, dan setelah saya bekerja 10 bulan di Rantau prapat, wilayah saya di perluas menjadi Rantau Prapat, Sibolga, dan Padang Sidimpuan. Disitu saya pindah kos ke Padang Sidimpuan, dikarenakan kerjaan lagi banyak di sana, ya walaupun saya juga pernah disuruh kembali ke Rantau Prapat atau sibolga, jam berapapun saya tempuh balek ke Padang sidimpuan, setelah berjalan 1 tahun kontrak saya habis, saya tidak ingin melanjutkan kerjaan di luar kota MEDAN, karena sesuai tekat saya saya harus kuliah di MEDAN. Jadi saya keluar dari PT LEXCORP INDONESIA saya kembali kemdan, dan di medan sambil nunggu saat pendataran kuliah, saya mencari pekerjaan di medan, saya meletakkan beberapa surat lamaran di perusahaan-perusahaan, dan juga mencari informasi di SMK TELKOM kembali, tidak sampai 1 bulan saya dipanggil pak yusuf kembali ada informasi kerjaan di PT TELKOM AKSES di tempat saya bekerja sekarang, saya mengikuti ujian gelombang ke 2, dan Alhamdulillah saya terpilih. Saya sangat senang semua planning saya berjalan sesuai keinginan saya dulu, saya dapat bekerja sambil kuliah seperti saat ini, saya kuliah di STMIK POTENSI UTAMA MEDAN.


Sekian cerita pendek tentang hidup saya semoga cerita ini ada manfaatnya bagi pembaca, lebih dan kurangnya saya minta maaf, pesan saya dalam hidup harus ada target dan planning, hidup tidak bisa pasrah dan menganggap mudah, terimakasih


"Tugas Nama MK   : Pemrograman Web
Dosen Pengampu    : Iwan Fitrianto Rahmad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar